Friday 1 June 2012

Tips Blogwalking

Pengertian blogwalking adalah berjalan dari satu blog ke blog yang lain. Atau pengertian blogwalking yang lebih lengkap adalah kegiatan seorang blogger dalam menelusuri serangkaian blog, membaca tulisan di blog tersebut, memberikan komentar, membalas komentar meminta tukaran link, atau hanya meninggalkan komentar di kotak shoutbox. Blog-blog yang ditelusuri saat blogwalking bisa blog baru, blog sahabat yang sudah terdapat di “blogroll“, dari daftar blog yang memberikan komentar di blog blogger yang melakukan blogwalking, maupun dari daftar blog di blog lain.

Blogwalking sangat ampuh dalam promosi blog untuk meningkatkan pengunjung sehingga mempercepat peningkatan peringkat alexa (alexa rank). Bukan hanya promosi blog untuk menarik pengunjung baru namun juga bisa menambah pengunjung setia blog kita bila blogwalking dilakukan dengan baik, karena akan terjalin persahabatan antar sesama blogger atau kalau boleh disebut “bloggerhood”.

Agar kegiatan blogwalking lebih efektif sebagai cara promosi blog, berikut adalah tips-tips yang perlu diketahui saat melakukan promosi blog dengan blogwalking.

Tips-tips Dalam Blogwalking Untuk Promosi Blog

  1. Tinggalkan komentar yang sopan, bersahabat, dan sesuai dengan isi tulisan saat blogwalking sehingga anda tidak dianggap spammer dan pemilik blog maupun pengunjung lain tertarik.
  2. Sebaiknya lakukan blogwalking setelah melakukan posting di blog kita bukan sebelumnya, agar tulisan terbaru mendapat komentar dari kunjungan balik.
  3. Perbanyak blogwalking di blog yang telah memasang plugin “commentluv” dan tinggalkan komentar di blog tersebut. Plugin ini akan menampilkan judul tulisan terbaru dari blog kita di bagian bawah komentar yang kita tulis sehingga bisa menarik kunjungan balik dari pemilik blog maupun pengunjung lain di blog tersebut.
  4. Perbanyak blogwalking dan komentar di blog yang memasang plugin “Top Commentator”. Dengan begitu nama dan blog kita akan terpasang dibagian sidebar dan umumnya blogger suka dengan pemberi komentar terbanyak dengan kualitas komentar yang baik.
  5. Perbanyak blogwalking ke blog yang menganut system “dofollow” dan tinggalkan komentar di blog tersebut. Selain menarik pengunjung, blog dofollow juga bisa memberikan tambahan backlink gratis ke blog kita.
  6. Saat blogwalking sebaiknya tinggalkan komentar di bagian tulisan atau postingan blog yang dikunjungi daripada meninggalkan komentar di bagian “shoutbox“. Komentar di bagian tulisan bisa lebih interaktif dibandingkan di shoutbox, sehingga tidak hanya menarik empunya blog untuk berkunjung balik tapi juga pengunjung lain.
  7. Hindari menyisipkan link di komentar saat blogwalking karena berpotensi dideteksi sebagai komentar spam. Manfaatkan fasilitas “commentluv” bila blog yang dikunjungi sudah memasang plugin tersebut atau widget “shoutbox” untuk meninggalkan link.
  8. Perbanyak blogwalking dan komentar di blog yang memiliki niche yang sama dengan blog kita, karena kemungkinan besar pengunjung blog tersebut memiliki minat yang sama.
  9. Tambahkan blog yang kita anggap bermanfaat ke blogroll blog kita dengan bertukaran link, untuk mempermudah kunjungan balik ke blog tersebut.
  10. Berlangganan rss feed blog yang kita anggap bermanfaat untuk mengetahui setiap ada tulisan terbaru di blog tersebut dan tinggalkan komentar di tulisan tersebut. Makin awal kita memberikan komentar yang bermanfaat, biasanya makin dihargai oleh pemilik blog.

Kesimpulan dan Tips Tambahan blogwalking untuk promosi blog

Secara keseluruhan yang perlu diperhatikan saat blogwalking adalah meninggalkan komentar. Atau istilahnya tak ada blogwalking tanpa komentar . Meskipun blogwalking cukup efektif untuk promosi blog namun ada kelemahannya yaitu membutuhkan waktu lebih banyak. Saat kita berhenti melakukan blogwalking biasanya trafik blog juga akan menurun.

Namun hal ini kembali tergantung dari kualitas tulisan blog kita. Kalau tulisan blog kita berkualitas, kunjungan balik akan tetap ada walaupun kita hanya satu kali melakukan promosi blog dengan blogwalking ke blog tersebut.

15 comments:

  1. posting yang bagus. salam kenal ;)

    ReplyDelete
  2. Nice tips....thanks gan hehehe....

    ReplyDelete
  3. nice tips gan ane pasti coba :D
    mampir juga ke blog game gua gan :)
    http://krakatau-games.blogspot.com/

    ReplyDelete
  4. Post yang bagus sob,
    manfaat banget nih buat ane sob,

    kunjungan balik + follbacknya ya sob

    www.ragil-sb.blogspot.com

    ReplyDelete
  5. setuju ..
    nice tips..
    salam kenal :D

    ReplyDelete
  6. mantabh gan ini yg ane sedang jalanin.....

    http://muhaarya.blogspot.com

    ReplyDelete
  7. nice tips bro sedang jalanin mampir2 ya :D

    ReplyDelete
  8. wwkkwkw , sambil baca sama blogwalikng juga

    www.nyongnyong.com

    Tempatnya Download Software Gratis !

    ReplyDelete
  9. Your blog posts and articles are very interesting, and gave me the info is pretty good, and I will be back to see your next posts and articles ... thank you

    ReplyDelete
  10. Mantep. terima kasih saran nya :D

    ReplyDelete
  11. thanks...tips berguna untuk blog baru cam sy niii....

    ReplyDelete
  12. Pakai Top Komentator bisa dapat Backlink tamahan,, :D sip gan

    ReplyDelete